Domain Anything.Id mahalnya bukan main!



Kabar gembira buat kamu yang menantikan TLD (Top Level Domain) atau DTS (Domain Tingkat Satu) khusus domain dot id. Katanya domain tersebut sudah bisa dibeli melalui registrar Indonesia. Kali ini saya baru buka email dan mendapati email dari idwebhost tentang pembukaan domain anything.id.

Bayangkan saja, harga domain dibuka mulai dari harga Rp. 1.650.000. Sungguh angka yang funtastis, haha. Dan sistem pembelian domain tersebut harus melalui sistem akuisisi atau sistem lelang. Berikut beberapa peraturan yang ada:

1. Domain dijual dengan sistem akuisisi atau lelang tertinggi.
2. Dikenakan biaya administrasi, biaya akuisisi dan biaya maintenance domain
3. Penamaan domain harus mengikuti aturan penamaan dari PANDI.

Sudah mahal, belum tentu bisa langsung beli dan harus mentaati peraturan yang ada. Yeah, sudah persyaratan sulit dan biaya lumayan mahal, apalagi untuk saya yang kantongnya ukuran mahasiswa. Ada informasi tambahan lagi nih untuk point yang akuisisi:

Keterangan Biaya Pendaftaran Domain (akuisisi dll) sbb :
- Biaya Administrasi : Rp.100.000
- Biaya Akuisisi : Rp. 1.000.000
- Biaya Maintenance : Rp.550.000/tahun

Bila Anda kalah dalam akuisisi, dan maka biaya administrasi tidak dapat dikembalikan. Harga saat order di IDwebhost adalah 1.650.000 bila ingin negosiasi untuk akuisisi diatas harga tersebut maka bisa email ke info@idwebhost.com.

Baru kali ini ada biaya administrasi sebesar 100.000 untuk domain .TLD. Biasanya biaya domain dari acredited registrar domain internasional kurang dari $1, tepatnya berapa cent gitu saya lupa, ada di godaddy.

Tidak hanya itu saja, banyak para komunitas blogger yang mempertanyakan mahalnya biaya pembelian TLD .id ini. Toh sudah jelas, hanya kalangan perusahaan dan berduit banyak saja yang mampu membelinya. Hal ini tidak sepadan dari asas Internet yang seharusnya dapat di gunakan oleh umum (menurut saya lho).

Jadi bagaimana? Masih ingin beli domain .id? Informasi kelengkapan data dsb bisa tanyakan langsung saja ke domain registrar oke? Jangan tanya ke sini, saya bukan penjualnya...

Komen:

Posting komen


Hanya dapat dilihat oleh admin.

Trackback:

http://dcyber09.blog.fc2.com/tb.php/61-969e193a

Gunakan trackback untuk artikel ini (pengguna FC2 Blog).