Install Ioncube loader di Linux



Ada yang tahu Ioncube loader? Bagi yang tidak tahu ionCube adalah ekstensi Zend-Engine yang berguna untuk melakukan encode pada file PHP. Dalam hal ini, ada beberapa cms website yang memang wajib menggunakan ioncube loader. Untuk mendapatkan file instalasinya, kamu bisa menuju ioncube website. Sebelum menginstall ioncube, pastikan sesuai dengan kebutuhan website kamu. Misalnya saya menggunakan centos server 64 bit, jadi saya harus memilih versi Linux (64 bits). Untuk pilihan packagenya ya pilih saja yang .zip, tar,gz, sama saja sih semuanya.

Pertama-tama kita masukkan root privilage terlebih dahulu, kemudian menuju /usr/local. Kemudian kita download file tersebut ke direktori tersebut menggunakan remote download agar lebih mudah. Untuk lebih jelasnya ada di bawah ini:

cd /usr/local
sudo wget http://downloads2.ioncube.com/loader_downloads/ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz
sudo tar xzf ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz


Setelah berhasil di extract melalui command tar xzf tadi, kita harus pilih ekstensi yang sesuai dengan versi PHP kita. Misalnya, saat ini saya menggunakan versi php 5.3.0 yang versi stable. Jadi saya harus menambahkan ekstensi ioncube_loader_lin_5.3.so ke dalam settingan phpnya. Bagaimana caranya?

echo "zend_extension=/usr/local/ioncube/ioncube_loader_lin_5.3.so" | sudo tee /etc/php5/conf.d/ioncube.ini

Atau jika kamu terlalu malas, bisa tambahkan kata zend_extension=/usr/local/ioncube/ioncube_loader_lin_5.3.so ke dalam file settingan php. Karena saya menggunakan lighttpd, biasanya berada di /etc/php5/conf.d/ioncube.ini. Jangan lupa restart servicenya dan kill semua sesi php-cgi.

service lighttpd restart
killall php-cgi


Untuk mengetesnya, silahkan kamu buat file php simple dengan isi phpinfo();
Kemudian kamu liat keterangannya, apakah ekstensi Zend-Engine untuk ioncube sudah terpasang apa belum. Jika belum, mungkin kamu melupakan langkah atau terlewati bagiannya.

Komen:

Posting komen


Hanya dapat dilihat oleh admin.

Trackback:

http://dcyber09.blog.fc2.com/tb.php/53-ef0b718f

Gunakan trackback untuk artikel ini (pengguna FC2 Blog).