Install Varnish 3 di CentOS 6



Setelah mengalami stress mengatasi bagaimana mengatasi server load yang cukup tinggi pada suatu website berbasis wordpress dimana tingkat kepadatan pengunjungnya sekitar ribuan user per hari akhirnya saya mencari inisiatif untuk mencari solusi yang lebih tepat dan efisien. Pengguna yang satu ini menggunakan control panel ZPanel dengan apache sebagai webservernya. Tentu bukan hal yang mudah melakukan tweaking apache webserver dengan traffic website yang cukup tinggi.

Menggunakan cache-system mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi server load yang dominan tinggi karena banyaknya pengunjung dan proses eksekusi scriptnya. Salah satunya yang saat ini sedang naik daun yaitu menggunakan Varnish Cache. Varnish cache adalah sejenis http accelerator yang berguna untuk mengurangi server load dan mengoptimalkan kecepatan load per halaman suatu website. Instalasi Varnish sudah saya coba dan ternyata cukup bagus. Kecepatan load suatu website kini langsung muncul semua, kalau biasanya muncul per satu-satu.

Install Varnish (kita pakai yang versi 3)

Apa saja yang dibutuhkan untuk memulai instalasi Varnish?
> VPS CentOS server (rekomendasi gunakan centos 6)
> SSH
> root akses

o Login root akses menggunakan SSH

o Tambahkan repo package
rpm -Uvh http://repo.varnish-cache.org/redhat/varnish-3.0/el5/noarch/varnish-release/varnish-release-3.0-1.noarch.rpm

o Mulai install via yum > yum -y install varnish

Secara default, Varnish kini sudah terinstall, namun untuk selanjutnya kita harus menginstegrasikan Varnish dengan webserver kita. Varnish dapat di integrasikan ke webserver seperti apache dan nginx.

Komen:

Posting komen


Hanya dapat dilihat oleh admin.

Trackback:

http://dcyber09.blog.fc2.com/tb.php/48-2d0a5434

Gunakan trackback untuk artikel ini (pengguna FC2 Blog).