Menggunakan fungsi git clone pada Ubuntu desktop

Fungsi git clone adalah cara yang sangat efisien untuk mendownload resource suatu program. Dengan fungsi git clone, kita dapat menghemat waktu untuk merekam sebuah repository source program. Namun di sini saya tidak akan menjelaskan secara fundamental apa fungsi git itu sendiri beserta beberapa syntaxnya. Untuk penjelasan lengkapnya, ada blog netter lain bernama virtuemagz yang telah menjelaskan secara cukup rinci. Dalam hal ini hanya diberikan pemahaman instalasi dan penggunaan biasa saja.

Install git

Jika program git belum terinstall, saat anda menggunakan aplikasi tersebut (git clone) maka akan muncul pesan berikut ini.

The program 'git' is currently not installed. You can install it by typing:
sudo apt-get install git-core


Kita hanya perlu mengetik sudo apt-get install git-core agar dapat terinstall pada Ubuntu desktop kita. Setelah terinstall, baru kita dapat menggunakan fungsi git clone secara seluruhnya.

Menggunakan git


Cara menggunakan git sangat mudah. Untuk normalnya hanya perlu git clone git://alamat_url.git
Kemudian secara otomatis aplikasi tersebut akan merekam secara lengkap source yang ada pada direktori alamat git tersebut. Program git akan mengkalkulasi berapa banyaknya jumlah file yang ada kemudian menyesuaikan jumlah yang diterima berdasarkan banyaknya file yang ada pada direktori git tersebut.

Sudahkah anda mencoba aplikasi git ini?

Komen:

Posting komen


Hanya dapat dilihat oleh admin.

Trackback:

http://dcyber09.blog.fc2.com/tb.php/43-cf41c832

Gunakan trackback untuk artikel ini (pengguna FC2 Blog).