Gunung Kelud Meletus, Warga Mengungsi



Tepat tanggal 13 Februari 2014 malam hari Gunung Kelud akhirnya meletus. Para warga berbondong-bondong untuk menyelamatkan diri dari serangan abu panas dan keganasan laharnya. Sebagian warga sudah menjauh 10 km dari puncak gunung.

Warga mulai mengungsi secara tergesa-gesa, setelah mendapat pemberitahuan dari warga lainnya kalau Gunung Kelud mau meletus. Ironisnya pengungsian ini dilakukan atas inisiatif warga, tidak dikoordinir aparat desa.

Parni yang mengungsi bersama keluarganya di Lapangan Desa Tawang ini, malahan mengaku kebingungan karena di lokasi penampungan ternyata masih belum siap. Padahal masyarakat sudah banyak yang berdatangan.

Status awas Gunung Kelud telah disebarluaskan kepada masyarakat, yang tinggal di radius 10 km dari kubah lava. Di Kabupaten Kediri warga yang tinggal di zona bahaya ini jumlahnya mencapai 66.130 jiwa.

Belajar dari pengalaman, seharusnya pemerintah yang berkewajiban harus siap dan tanggap. Kalau di lihat dari artikel di atas, pemerintah kita sepertinya masih belum cukup gesit untuk penanganan serius bencana gunung meletus.

sumber via tribunnews.

Komen:

Posting komen


Hanya dapat dilihat oleh admin.

Trackback:

http://dcyber09.blog.fc2.com/tb.php/19-be4df405

Gunakan trackback untuk artikel ini (pengguna FC2 Blog).