Gurita Kelapa, Gurita yang Pintar!

Pagi ini sedang iseng untuk menonton televisi, kemudian mendapati berita bahwa ada yang namanya gurita kelapa. Tadinya saya pikir, apa itu gurita ada cangkang mirip seperti kelapa atau bagaimana gitu, ternyata gurita kelapa hanya gurita saja yang mengambil tempurung kelapa. Tempurung kelapa itu didapat dari masyarakat yang sering membuang tempurung kelapa yang tidak terpakai ke laut.

Menurut para ilmuwan Australia, hewan yang tidak bertulang belakang ini biasanya menggunakan apa saja untuk melindungi dirinya. Kalau pun ada tempurung kelapa, biasanya mereka hanya bersembunyi di baliknya saja. Tapi pada gurita di perairan Indonesia, ceritanya lain. Gurita tersebut malahan menggunakan tempurung kelapa langsung untuk melindungi diri dari serangan predator.

Para ilmuwan setuju bahwa gurita dimasukkan sebagai salah satu hewan yang cerdas. Katanya sih jika ada makhluk hidup yang memanfaatkan alat untuk bertahan hidup, berarti ia termasuk mahluk yang cerdas. Hebat juga ya... Gurita saja dikategorikan cerdas...

Gunakan Cpu Limit Untuk Membatasi Proses

Punya masalah dengan laptop atau komputer anda dengan sistem operasi linux? Untuk laptop dengan prosesor dual core keluaran 2009 ke bawah, untuk melakukan instalasi Linux Ubuntu 13.04 ke atas sepertinya agak berat. Mengapa berat? Karena spesifikasi laptop masih belum mumpuni, alias dual core, kemudian VGA masih sekitar 256 MB. Sedangkan unity Ubuntu dan compiz membutuhkan resource atau sumber daya yang lebih agar dapat berjalan mulus.



Ubuntu unity ada model GUI terbaru dengan one click search. Kemudian compiz adalah sistem panel kostumasi untuk membuat tema serta tampilan Linux Ubuntu lebih elegan dan mewah. Untuk laptop atau komputer dengan spesifikasi yang saya sebutkan di atas memang bisa menjalankan dua aplikasi ini, namun hasilnya sangat tidak sempurna. Lalu bagaimana cara menggunakan cpulimit?

Ada 2 cara, pertama memasangnya via apt-get, yang ke dua compile lewat sourcel atau kode sumber.

Install cpulimit dengan apt-get


# sudo apt-get update
# sudo apt-get install cpulimit

Install cpulimit dari source code


# wget 'http://downloads.sourceforge.net/cpulimit/cpulimit-1.1.tar.gz'
# tar -zxvf cpulimit-1.1.tar.gz
# cd cpulimit-1.1
# make
# cp cpulimit /usr/local/sbin/

Setelah itu secara default kita dapat menjalankan aplikasi cpulimit ini.
Misalnya kita akan menggunakan cpulimit untuk membatasi penggunaan resource dari compiz dengan mengalokasikan 30% cpu saja. Kalau begitu, syntaxnya adalah cpulimit -e compiz -l 30. Bagaimana kalau 50% saja cpu yang dialokasikan untuk compiz? Kalau begitu syntax yang 30 tadi diubah saja menjadi 50.

Bagaimana kalau ingin membatasi pada proses PID (Proses ID)? Membatasi proses PID berarti melakukan limit pada proses yang terspesifik statik. Caranya hampir sama, hanya saja ada beberapa syntax yang berbeda. Untuk mengetahui PID tiap proses, kita bisa melihatnya dengan menggunakan ps x kemudian lihat pada kolom PID. Misal proses PID adalah 3000, berarti syntaxnya cpulimit -p 3000 -l 50

Melihat Proses Tertinggi Sampai Terendah Menggunakan Htop

Sepertinya sudah lama saya tidak memposting postingan tentang linux. Soalnya beberapa hari yang lalu setelah mengikuti event seminar tentang Linux, semangat menggunakan linux akhirnya terkobar lagi. Sayangnya artikel ringkasan cerita dari seminar di Pekalongan belum saya buatkan, mungkin nanti menyusul deh. Pokoknya nantikan saja, beberapa hal yang saya dapat di sana akan saya post di sini.

Pada sistem operasi linux umumnya terdapat fungsi top. Fungsi ini adalah untuk melihat statistik dari daftar pemakaian proses yang sedang dijalankan berdasarkan banyaknya sumber daya yang kita gunakan. Nah, pada linux Ubuntu terdapat software opensource yang bernama htop. Aplikasi htop ini bersifat dinamis menampilkan daftar proses yang sedang komputer kita gunakan dari pemakaian sumber daya yang tertinggi ke terendah.

Untuk cara memasangnya sangat mudah. Buka terminal, kemudian ketik sudo apt-get install htop. Setelah selesai terpasang, langsung saja kita coba jalankan dengan mengetik syntax htop.

Hasilnya akan seperti di bawah ini.



Jika memang ada proses yang tinggi, bisa kita limit proses menggunakan cpulimit.

Mempunyai Mimpi yang Besar Memang Harus Rela Berkorban

Beberapa saat yang lalu saya membuka halaman utama facebook dan melihat beberapa timeline teman-teman saya. Ada salah satu timeline milik teman saya yang sangat menarik. Dia mengembed video yang mungkin kalau orang awam bilang video yang tidak jelas. Video tersebut berasal dari Cina dan telah ditranslasikan oleh relawan.

Setelah ditonton, terlepas dari kualitasnya yang jelek namun mempunyai arti yang bermakna. Jadi intinya menceritakan sepasang suami istri yang mempunyai mimpi besar dan berhasil masuk pada salah satu acara terbesar di Cina tentang perwujudan mimpi.

Ceritanya seorang istri ini mempunyai penyakit tumor stadium 4 yang sudah parah dengan beberapa harapan hidup yang sangat kecil. Lantas sang suami tetap setia bersama sang istri dan malahan melayani sang istri seperti memijatnya, mencucikan kakinya, dan sebagainya. Sehari-harinya sang suami berprofesi sebagai tukang pos, sedangkan istrinya hanya ibu rumah tangga biasa. Akibat penyakitnya tersebut, penglihatan istri sudah tidak terlalu jelas lagi. Walau mendapat vonis dengan kesempatan hidup yang sangat kecil, mereka tetap semangat dalam menjalani hidup.

Mohon maaf, kalau diceritakan semuanya jadi tidak seru lagi. Namun pada intinya, jika kita mempunyai mimpi yang besar, capailah mimpi itu tidak peduli kata orang. Walau orang lain sudah men-judge kita tidak bisa ini itu, tapi yang namanya takdir dan nasib ada di tangan kita masing-masing, bukan di tangan orang yang men-judge.

link video ada di sini. Pastikan kamu mempunyai quicktime player atau jika dimintai piliham di bagian atas browser, silahkan pilih Yes.

Mengapa Bisnis MLM Dilarang?

Mulai tahun 2009 Indonesia banyak sekali disuguhi dengan bisnis MLM. Apakah itu bisnis MLM? Kepanjangan dari MLM yaitu Multi Marketing Level. Prinsipnya sama seperti piramida yang dibangun melalui orang yang kita ajak atau kata kerennya downline. Biasanya MLM tersebut berhubungan dengan pendistribusian barang.

Saya di sini bukan untuk mengajak teman-teman untuk ikut bisnis semacam MLM, namun akan saya beritahu mengapa MLM itu dilarang. Secara default, bisnis MLM menggunakan sistem paramida. Yang paling atas adalah orang yang paling sejahtera, sedangkan yang lainnya mati-matian mengajak orang agar paramida bisnis tersebut dapat terbentuk.

Menurut UU perdagangan yang disahkan Februari 2014, tertanda bahwa dilarang menerapkan sistem skema piramida dalam pendistribusian barang untuk pelaku usaha distribusi. Jika dikaitkan dengan logika, pelaku MLM ini tentu saja bergerak pada pendistribusian barang dan terdapat embel-embel level-level piramida untuk tingkat tertentu dimana tiap tingkat itu berbeda.

Gambar ini saya dapat dari kaskus, jadi ada orang yang selalu update beberapa fakta yang sangat mengejutkan terkait sistem MLM ini. Klik terus untuk memperbesar resolusi gambar.

uu

Sudah jelas memang ada aturan pemerintah terkait bisnis ini. Setiap orang dituntut untuk berusaha agar dapat merubah nasib atau merubah takdir. Saya yakin sekali pernyataan ini pasti diajarkan pada agama masing-masing. Coba anda pikir dengan logika, masa iya anda bisa merubah nasib hanya dengan menggelontorkan duid dan kemudian santai saja? Jika anda orang yang berpendidikan, pasti mengerti, kecuali anda yang sudah tertutup hatinya dengan uang. Uang itu hanya sementara, jangan sampai tertipu sodara-sodara xixixixi.

Nonton Anime Streaming Subtitle Indonesia

Baru-baru ini ada proyek bersama teman untuk membuat sebuah portal anime yang benar-benar fokus menyediakan tempat streaming yang cepat dan tidak banyak iklan maupun jebakan betmen. Tentu saja dari segi hardware dan koneksi harus kualitas kelas atas. Nama website tersebut yakni Bunkasai Anime.



Lebih tepatnya, Bunkasai Anime hanya menyediakan streaming dengan ukuran video yang kecil. Hal itu karena bandwidth di Indonesia masih relatif kecil, namun harganya agak mahal dan banyak sekali aturan-aturannya. Belum lagi masalah yang mungkin bakal muncul di saat yang tak terduga namun dibutuhkan.

Bunkasai Anime berkomitmen menyediakan yang terbaik untuk teman-teman. Salah satunya untuk startup, tidak menempelkan iklan dan diharapkan pengunjung bisa menikmati anime pilihannya. Sebisa mungkin Bunkasai Anime menambahkan semua anime yang lagi top pada seasonnya. Ikuti perkembangannya terus di fanpage Bunkasai Anime.