Modem WiFi Sekaligus Storage WiFi

Halo, bagi pecinta wireless device kini bisa senang hati menantikan Modem WiFi yang sekaligus digabungkan dengan WiFi storage. Jadi intinya device tersebut bisa untuk WiFi modem juga bisa sebagai storage yang transfer methodenya lewat WiFi atau tanpa kabel. Kabarnya vendor yang akan merilis device ini adalah Huawei. Pernyataan tersebut soalnya memang sangat dinantikan oleh sebagian besar peminat di Indonesia.

rsz 1rsz huawei logo

Menurut sumber beritanya, Huawei produk ini akan dibandrol dengan harga sekitar Rp 560.000. Namun belum pasti juga sih kondisi pasar di Indonesia juga. Tapi semoga saja harganya bisa lebih miring lagi. Devide ini katanya mampu melaju dengan kecepatan 21.6 Mbps dalam channel EDGE/2G/3G atau setara dengan HSPA+.

Waduh, sudah enggak sabar untuk menantikannya. Semoga cepet rilis akhir tahun ini. Yang lebih penting adalah kualitas jaringan T_T.

sumber

Salah Kaprah Teknologi BOLT 4G LTE



Akhir-akhir ini lagi gempar dengan teknologi BOLT 4G LTE yang katanya kecepatan mencapai 72 Mbps dan upload mencapai 36 Mbps. Banyak komentar positif yang beredar di blog, website shopping dan lain-lain. Tapi tidak sedikit juga yang memberikan komentar negatif untuk produk BOLT ini.

Banyak yang berpikir, dengan kecepatan yang dijanjikan, yaitu 72 Mbps untuk download sama saja dengan melakukan download full 72 Mbps menggunakan download manager di laptop, pc atau gadget Anda. Sepertinya kita perlu luruskan. Ada salah kaprah tentang 4G LTE ini.

Teknologi 4G LTE ini memang bisa melakukan download speed sampai 72 Mbps, namun bukan berarti dari server yang kita download dan sampe ke kita itu dapat pure 72 Mbps. 72 Mbps adalah kecepatan transmisi maksimal yang bisa di bawa modem dari pusat pemancar BTS ke end user, dalam hal ini adalah kita, pengguna. Jika posisi Anda dengan BTS cukup jauh, maka kecepatan tidak pure 72 Mbps.

Ada banyak faktor yang mempengaruhinya:
> Faktor cuaca sudah pasti
> Banyak bangunan tinggi bisa mengganggu sinyal
> Ruangan tertutup seperti tembok berlapis membuat lemah sinyal
> Kepadatan lalu lintas Internet di provider BOLT itu sendiri

Secara garis besar, faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti yang sudah di jelaskan di atas. Tapi paling tidak teknologi 4G lebih maju daripada teknologi 3G dan EVDO. Di negara luar, rata-rata sudah memakai 4G LTE (Long Term Evolution).