Rupiah Indonesia Menguat Pasca Pemilu dan Quick Count



Jika melihat review tentang keuangan Indonesia khususnya Rupiah Indonesia yang menguat pasca pemilu dan quick count sepertinya disambut cukup baik. Ternyata para investor sedang menimang-nimang siapa pilihan presiden mereka yang nantinya akan memimpin Indonesia untuk 5 tahun ke depan. Ada yang menarik di sini, faktanya kemarin pasca pemilu dan quick count, capres nomor urut 2 unggul sementara berdasarkan sebagian besar lembaga survey di Indonesia walau ada 3 lembaga survey yang menyatakan kubu nomor 1 yang menang. Ternyata setelah berita bahwa kubu no 2 menang, keesokan harinya keuangan Indonesia menguat tajam, yang tadinya 12ribu lebih kini menjadi 11.700 terhadap USD.

Tentu kita bisa menyimpulkan, mungkin saja para investor sangat antusias dengan kubu no urut 2. Setelah ditelusuri lebih lanjut, salah satu isi dari visi misi no urut 2 ini yaitu memperkuat perekonomian bangsa (memang sih hampir sama dengan kubu no 1), tapi kubu no urut 2 ini mengatakan akan mempermudah perizinan dalam bidang pembangunan infrastruktur. Siapa yang tidak tertarik coba?

Sebenarnya siapapun presidennya sama saja asal bisa membawa perubahan dan angin segar untuk Indonesia. Namun menurut pergerakan laju rupiah ini, menandakan bahwa para investor positif mendukung kubu no 2, yaitu Jokowi - Jusuf Kalla. Harapan sih tidak banyak, semoga presiden terpilih nanti bisa memberi kebijakan untuk mengurangi import dan mengembangkan usaha kreatif di dalam negri agar perekonomian rupiah terhadap USD khususnya tidak merosot tajam.

Kurs Indonesia Menguat, Tapi Cuma Seupil



Sudah bukan pemandangan biasa lagi kalau melihat kurs Indonesia terhadap dolar Amerika agak anjelok beberapa bulan ini. Untuk merchant yang meng-administrasi uangnya lintas kurs, memang lebih sering gigit jari karena nilai rupiah yang semakin menurun.

Kebetulan saya menggunakan BANK Mandiri. Pada hari sebelumnya, $1 dihargai sekitar 12.300-an. Tapi suatu keajaiban hari ini harga dolar agak turun walau sedikit, kurs saat ini 12.100-an. Ya doain saja semoga bulan ini selesai deh masa-masa susah kurs dolarnya dan Rupiah Indonesia menguat deh.