Sentora, The Open Source Control Panel



Setelah sukses dengan project ZPanel, kini lahir webhosting control panel yang baru yakni Sentora. Sentora Webhosting berbasis open source dan gratis tentunya. Siapa penggagas dan core developer sentora? Yap di balik layar sentora ternyata beberapa diantaranya adalah orang yang sama yang merancang core dari ZPanel. Adalah Bobby Allen yang merupakan Project Lead & Head Developer dari Sentora dan ZPanel. Namun sayangnya ZPanel kini sudah dibeli oleh HostWinds. Hal ini dibenarkan dengan adanya annoucement official dari ZPanel.

Menurut pernyataan yang saya tangkap, Sentora ini adalah webhosting control panel yang sudah di revisi. Ada banyak sekali perubahan serta bugfix yang kini masih berjalan. Selain itu, ada beberapa fasilitas baru yang tidak dipunyai oleh ZPanel. Sentora diklaim akan lebih bagus dan lebih stabil performanya daripada ZPanel. Walau sudah dirilis, namun masih terdapat beberapa bug yang masih terlihat. Seiring berjalannya waktu, Sentora akan terus diperbarui.

Install ioncube Loader di ZPanel

Sebelumnya saya pernah menulis tentang cara install ioncube loader di linux, kali ini saya akan menspesifikannya lagi dengan suatu platform opensource, yakni ZPanel, salah satu alternatif webhosting panel gratisan.

Tidak perlu berpanjang lebar, sebenarnya sama saja konsepnya. Pertama kita harus mendownload terlebih dahulu file dari ioncube loader ini dari ioncube website. Pilih versi linux entah itu 32 bit atau 64 bit sesuai mesin Linux anda. Karena saya pakai 64 bit pada centos 6, saya harus mendownload yang versi 64 bit.

PERHATIAN! Pastikan gunakan akses root.
cd /usr/local
wget http://downloads2.ioncube.com/loader_downloads/ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz
tar xzf ioncube_loaders_lin_x86-64.tar.gz
cd ioncube

Setelah terextract, sesuaikan versi php milik anda dengan yang ada di folder saat ini. Karena saya memakai versi php 5.3, jadi saya akan memilih ioncube_loader_lin_5.3.so

Kemudian kita tambahkan di baris paling bawah dari file /etc/php.ini Masukkan kata zend_extension=/usr/local/ioncube/ioncube_loader_lin_5.3.so

Kemudian service httpd restart, kemudian test kembali. Pasti sudah support ioncube loader :)

Getting involved with populer websites

I always thinking about how to make a high rate website with real visitors and real users. Not using some spam bots or whatelse. I wonder am I really could be one of top 5 populer websites in this world :p The chance seems become too impossible to be done. But it's ok to dream it.

So in the end, I just trying and still trying while my webistes was not goint to rank up. I have some domains located in Indonesia. I'm doing so manya SEO implementation but not much, just slightly.

Webhosting Gratis dari Hostinger



Mungkin banyak yang masih belum tahu kalau jaman sekarang sudah banyak webhosting gratisan yang berkeliaran. Yang dari luar banyak, yang dari dalam juga ada, yang dari dalam dan afiliasi perusahaan dengan luar juga ada. Kalau suka yang gratisan, mungkin harus coba yang satu ini. Tapi namanya gratisan banyak kekurangan dan performa juga tidak maksimal lho.



Namanya idhostinger. Webhosting yang menyediakan disk sebesar 2 GB dan bandwidth sebesar 100 GB untuk tiap bulannya. Cara daftarnya cukup mudah, ada informasi yang jelas serta navigasi website juga sudah cukup jelas. Nama hostinger sudah cukup terkenal di Amerika. Apalagi produk 000webhost yang merupakan salah satu produk hostinger yang paling laris menyediakan webhosting gratis.

Namanya gratis tapi bukan berarti semua lancar 100%. Karena pasti ada saja kendala tapi kita tidak menyadarinya sebagai pengguna akhir (end user). Kalau di sarankan, lebih baik membeli premium atau membeli sebuah vps lalu instalasi sendiri platform webhosting seperti zpanel atau lainnya. Karena di samping data tidak aman di webhosting yang gratisan, gangguan juga pasti selalu ada kalau memang lagi sial. Cheers.

Alternative Webhosting Panel



This time, I will introduce you with this awesome webhosting panel. Zpanel, one of the best alternative webhosting panel that working with most of all operating systems. I have installed it on my vps server, Centos 6. There are a lot of awesome function and funtastic interface.

If you interested, please use centos 6 x64 to install. Well, if you meet a problem when installing with centos 6, maybe I could help you ^^, but not Windows =]

Where I should begin?

Please use this installer to install on centos 6 x64. Please note to rename the script to 'installer-10-1-0-centos-64.sh' and perform chmod +x installer-10-1-0-centos-64.sh

Feel free to leave a comment when you need my help ^^.