Gurita Kelapa, Gurita yang Pintar!

Pagi ini sedang iseng untuk menonton televisi, kemudian mendapati berita bahwa ada yang namanya gurita kelapa. Tadinya saya pikir, apa itu gurita ada cangkang mirip seperti kelapa atau bagaimana gitu, ternyata gurita kelapa hanya gurita saja yang mengambil tempurung kelapa. Tempurung kelapa itu didapat dari masyarakat yang sering membuang tempurung kelapa yang tidak terpakai ke laut.

Menurut para ilmuwan Australia, hewan yang tidak bertulang belakang ini biasanya menggunakan apa saja untuk melindungi dirinya. Kalau pun ada tempurung kelapa, biasanya mereka hanya bersembunyi di baliknya saja. Tapi pada gurita di perairan Indonesia, ceritanya lain. Gurita tersebut malahan menggunakan tempurung kelapa langsung untuk melindungi diri dari serangan predator.

Para ilmuwan setuju bahwa gurita dimasukkan sebagai salah satu hewan yang cerdas. Katanya sih jika ada makhluk hidup yang memanfaatkan alat untuk bertahan hidup, berarti ia termasuk mahluk yang cerdas. Hebat juga ya... Gurita saja dikategorikan cerdas...