Makin Mudah Chatting Dengan IRC Menggunakan Kiwi IRC

KiwiIRC. Mereka mengklaim fasilitas KiwiIRC akan tetap gratis dan opensource. Interface dari KiwiIRC ini ternyata cukup simpel dan elegan.

Teman-teman bisa bergabung dengan grup forum google mereka atau langsung singgah ke markas freenode kiwiIRC. Semoga layanan ini terus dikembangkan dan tetap gratis and opensource! Bagi yang mau mentahan file instalasinya bisa langsung ke github kiwiIRC atau donate kiwiIRC untuk perkembangan proyek mereka.

Menyongsong Gelar Jepang UI 20

Hampir lupa sebentar lagi bakal ada event GJUI 20 alias Gelar Jepang Universitas Indonesia yang ke 20. Gelar Jepang UI ke 20 ini bertemakan "Kid's creativity, Teen's enthusiasm, Adult's productivity" atau 「子供の創造性、青年の情熱、そして大人の実力」.

Untuk tanggal pelaksanaannya:

22-24 Agustus 2014 (3 days)
Hari 1 dan 2 : Pusat Studi Jepang UI
Hari 3 : Boulevard UI

Twitter : @gelarjepangUI
Instagram : @gelarjepangUI
Facebook : Gelar Jepang Universitas Indonesia

Sponsornya lebih banyak dan sudah dipastikan akan mendatangkan artis Jepang bernama Yun*Chi >.<
Wah asik ada konser geratisan kyaaaaa....
Dari tahun ke tahun sponsornya makin banyak GJUI ini!

Software untuk modifikasi gambar

af67c9b0aa

Kemarin sehabis mengerjakan anime locodol baru keinget ada jeda gambar iklan sebanyak 3 detik kalau tidak salah. Nah niatnya mau dijadikan wallpaper dan dibagikan ke teman-teman yang memang pingin. Nah setelah itu mikir tuh, pakai software apa ya untuk membuat gambarnya lebih tajam, soalnya bawaan dari video walau ukurannya 1920x1080p bagi selain pengguna AMD, maka warnanya pasti agak buram, soalnya AMD punya calibrate modifikasi warna dan video di settingannya.

Setelah beberapa menit mencari, akhirnya ketemua juga software untuk modifikasi gambar. Nama softwarenya focusmagic. Sekilas softwarenya sangat sederhana sekali dan ternyata berbayar eeeh -_-". Saya kirain mah gratisan gitu, karena lagi buru-buru akhirnya cari saja serial code registrasi dari focusmagic ini. Akhirnya ketemu juga di smartserials.

Setelah mendownload aplikasi focusmagic, kemudian masuk ke menu Help > Registration. Masukkan username dan kode digitnya. Masukkan username me dengan kode 435292023. Kemudian teman-teman bisa langsung menggunakan softwarenya! Mudah kan? Semoga membantu! Kalau ada duid mending bayar aja yah!

Domain Anything.Id mahalnya bukan main!



Kabar gembira buat kamu yang menantikan TLD (Top Level Domain) atau DTS (Domain Tingkat Satu) khusus domain dot id. Katanya domain tersebut sudah bisa dibeli melalui registrar Indonesia. Kali ini saya baru buka email dan mendapati email dari idwebhost tentang pembukaan domain anything.id.

Bayangkan saja, harga domain dibuka mulai dari harga Rp. 1.650.000. Sungguh angka yang funtastis, haha. Dan sistem pembelian domain tersebut harus melalui sistem akuisisi atau sistem lelang. Berikut beberapa peraturan yang ada:

1. Domain dijual dengan sistem akuisisi atau lelang tertinggi.
2. Dikenakan biaya administrasi, biaya akuisisi dan biaya maintenance domain
3. Penamaan domain harus mengikuti aturan penamaan dari PANDI.

Sudah mahal, belum tentu bisa langsung beli dan harus mentaati peraturan yang ada. Yeah, sudah persyaratan sulit dan biaya lumayan mahal, apalagi untuk saya yang kantongnya ukuran mahasiswa. Ada informasi tambahan lagi nih untuk point yang akuisisi:

Keterangan Biaya Pendaftaran Domain (akuisisi dll) sbb :
- Biaya Administrasi : Rp.100.000
- Biaya Akuisisi : Rp. 1.000.000
- Biaya Maintenance : Rp.550.000/tahun

Bila Anda kalah dalam akuisisi, dan maka biaya administrasi tidak dapat dikembalikan. Harga saat order di IDwebhost adalah 1.650.000 bila ingin negosiasi untuk akuisisi diatas harga tersebut maka bisa email ke info@idwebhost.com.

Baru kali ini ada biaya administrasi sebesar 100.000 untuk domain .TLD. Biasanya biaya domain dari acredited registrar domain internasional kurang dari $1, tepatnya berapa cent gitu saya lupa, ada di godaddy.

Tidak hanya itu saja, banyak para komunitas blogger yang mempertanyakan mahalnya biaya pembelian TLD .id ini. Toh sudah jelas, hanya kalangan perusahaan dan berduit banyak saja yang mampu membelinya. Hal ini tidak sepadan dari asas Internet yang seharusnya dapat di gunakan oleh umum (menurut saya lho).

Jadi bagaimana? Masih ingin beli domain .id? Informasi kelengkapan data dsb bisa tanyakan langsung saja ke domain registrar oke? Jangan tanya ke sini, saya bukan penjualnya...

ZPanel kini sudah up lagi!1



Terkait dengan postingan saya sebelumnya tentang ZPanel offline sudah lebih dari 24 jam, setelah saya cek beberapa saat lalu, kini website ZPanel beserta dengan forum sudah kembali hidup. Sekarang anda bisa langsung browse dan mencari hal yang dibutuhkan. Alasan down? Masih belum tahu. Tapi mungkin nanti di umumkan di postingan forum.

Toh tadi ada momen lucunya juga. Saat saya menuju official IRC ZPanel yang berada di irc.freenode.net #zpanel, ada seorang user yang menjawab pertanyaan saya. Namun dia malah balik bertanya tentang cara mensetup SSL di ZPanel. Lho, saya lagi nanya dia malah nanya balik, haha. Dikirain yang jawab biasanya staff, tapi ternyata cuma user biasa saja.

Gambar diambil dari: sammottley.co.uk

Website ZPanel Offline lebih dari 24 jam

Sudah lebih dari 24 jam website utama ZPanel offline. Masih kurang tahu apa yang sebenarnya terjadi. Entah apakah proyek ZPanel masih tetap dilanjutkan atau berhenti. Jika anda menuju ke website utama ZPanel, maka akan didapat balasan 502 Bad Gateway. Kalau dilihat di twitter resmi ZPanel, masih belum ada berita resmi yang dimuat, begitu juga dengan akun resmi facebook ZPanel.

Setelah hampir 48 jam semenjak ZPanel offline, sudah banyak sekali pesan yang masuk ke akun facebook maupun akun twitter. Dan jika dilihat, tidak ada satu pun dari mereka yang menjawab pertanyaan. Masih teka-teki sih.

Namun ada beberapa hal yang pasti. Website yang berisi dokumentasi ZPanel kini masih hidup, sepertinya memang di install terpisah dengan forum dan website utama. Serta beberapa repository yang kini masih hidup:

> http://docs.zpanelcp.com/

- http://zpxm.mach-hosting.com/
- http://zppy.info.tm/
- http://zpanel.grathost.net/
- http://zppy.dcyberhosting.com/

Jika ada berita lebih lanjut seputar ZPanel, akan segera saya update.
INFO: Silahkan mampir ke irc.freenode.net #zpanel ,mungkin saja ada perwakilan dari staff yang ingin menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Duka bagi saudara kita di Gaza, Palestina!

Menanggapi berita yang berdatangan 2 hari terakhir ini serta banyaknya postingan dan timeline pada facebook mulai membuka mata lebar-lebar bagi mereka yang sadar atas apa yang sedang terjadi di tanah Gaza. Terdengar kabar bahwa pasukan Israel telah mengepung Gaza dan mulai mengeluarkan serangan besar-besaran. Berita selengkapnya masih kurang diketahui namun aksi Israel di bulan Ramadhan ini menyita banyak perhatian media dan petinggi negara lain.

Seperti yang sudah kebanyakan kita ketahui, senjata Israel memakai persenjataan yang berteknologi tinggi dan canggih. Tentu saja senjata tersebut tidak terlepas dari campur tangan Amerika yang mempunyai teknologi tempur yang sudah terbilang canggih. Namun di sisi lain, para pejuang Gaza hanya mempunyai senjata seadanya. Dengan bermodalkan hanya tombak, senjata biasa serta batu.

Kita yang seharusnya aman tentram sewajibnya membantu bagi mereka yang sedang mengalami musibah. Toh bantuan doa sangat membantu sekali. Jika kita tidak bisa membantunya langsung secara fisik maupun materi, kita bisa membantunya secara doa.

Perang Gaza masih belum berakhir sampai masyarakatnya benar-benar dilenyapkan oleh Israel. Sudah seharusnya pemerintah melek dan sadar diri atas apa yang sebenarnya terjadi. Semoga pemerintah Indonesia lebih banyak mengirimkan pasukan ke Gaza dan membantu semaksimal mungkin bagi mereka. Korban dari Gaza ini bukan hanya orang dewasa juga, namun anak kecil. Israel tidak segan-segan mengebom fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit dan tempat lainnya. Banyak mayat bergelimpangan dari anak-anak hingga dewasa. Sungguh keji sekali :|

Semoga mereka yang berada di Gaza, diberikan ketabahan yang tinggi dan diberi keselamatan.

Simpan Catatan Onlinemu Secara Realtime Menggunakan Switchnode



Sebenarnya saya ingin membahas secara tuntas tentang note yang bisa di edit secara realtime untuk lusa, tapi karena lusa saya sedang ada event seminar di Pekalongan, jadinya saya bahas sedikit pada malam ini. Yap, yang kita bahas namanya Switchnode, sarana menyimpan catatan online secara realtime.

Masih belum jelas siapa yang sebenarnya menciptakan switchnode pertama kali. Namun, menurut deskripsi website tersebut yaitu sebuah webapp dan paling cepat untuk menyimpan dan mengorganisasikan catatan anda yang berada di cloud. Secara mudah, aplikasi ini akan melakukan penyimpanan langsung seketika itu juga saat tangan kita berhenti menulis di keyboard.

Perlu diketahui, dalam Switchnode, kita tidak perlu repot-repot menyimpan catatan apakah sudah selesai atau belum, karena memang otomatis dia akan auto save. Tidak hanya itu saja, berkas simpanan milik Anda dapat di buka kembali lewat google auth.

Fakta Persentase Pengguna Windows XP yang Pindah ke Linux



Menurut fakta dari salah satu blogsite yang membahas tentang sistem operasi linux mengatakan kalau ada sekitar 11% pengguna dari Windows XP yang berpindah ke Linux. Hal tersebut di klaim dengan survey yang telah dilakukan sebelumnya.

Setelah adanya berita pemberhentian layanan bantuan dari sistem operasi Windows XP oleh Microsost, ternyata ada beberapa perusahaan yang berniat untuk berpindah ke Linux. Faktornya? Ternyata di samping biaya lebih murah dan sistem keamanan yang cukup tinggi, Linux di dominasi karena reputasinya sedang naik daun.

Kita tahu masih banyak yang menggunakan Windows XP, namun dengan diberhentikannya layanan berarti sama saja kita memakai sistem operasi yang rentan virus dan ancaman online lainnya. Sama saja berperang tanpa memakai senjata.

Tidak tanggung-tanggung di salah satu kota Jerman mendistribusikan CD instalasi gratis Ubuntu kepada para penduduk. Ternyata salah satu penyebabnya adalah karena ancaman krisis ekonomi yang sedang melanda. Dengan sistem operasi Linux, tidak perlu mengeluarkan uang alias gratis serta keamanan juga lebih kuat daripada Windows XP.

salin tulisan ini @copy